PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | NURLAILI, SHOFIYATUN, Gunansyah, Ganes |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15420 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini dilaksanakan atas dasar rendahnya keterampilan pemecahan masalah sosial siswa berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada keterampilan pemecahan masalah sosial antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri sosial dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian dengan analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai -t hitung<-t tabel (-4,096<-2,006) dan nilai signifikasi (0,000<0,05), sedangkan dari uji N-Gain hasil rata-rata nilai kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0,58 dan kelas kontrol sebesar 0,22. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan pemecahan masalah sosial siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri sosial dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model pembelajaran, inkuiri sosial, pemecahan masalah. Abstract The research was conducted on the basis of lack social problem-solving skills of students based on their experience and knowledge. The purpose of this study to determine of significant differences in social problem-solving skills between class that implement social inquiry learning model with class that implements conventional learning models. This study used quantitative methods (quasy experimental design) with a Nonequivalent Control Group Design research. The research results with t-test analysis showed that the value of -t count < -t table (-4,096 <-2.006) and significance value (0.000<0.05), whereas the N-Gain of test results the average value of the experimental class an increase of 0.58 and 0.22 for the control class. This shows that there are significant differences in social problem-solving skills student between class that implement inquiry learning model of social inquiry with class that implements conventional learning models. Keyword: learning model, social inquiry, problem-solving skill.