PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA DI KELAS VI SDN KALIASIN VII SURABAYA

Main Authors: KARTIKA, ERNA, Gunansyah, Ganes
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15415
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini berlatar belakang  rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Diketahui bahwa para siswa memiliki nilai ulangan harian yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Dari observasi awal diperoleh hasil siswa yang memiliki nilai ketuntasan minimal sebanyak 9 dari 28 keseluruhan siswa atau sekitar 32 % . Masalah yang muncul adalah siswa tidak bisa melihat kondisi riil yang terdapat pada materi sehingga sulit bagi mereka untuk menerima materi pelajaran. siswa merasa jenuh dengan pembelajaran yang dirasa monoton; guru juga masih melakukan pembelajaran dengan teks book oriented ; media pembelajaran yang dipakai juga masih tergolong konvensional dan kurang menarik minat siswa ; saat proses pembelajaran siswa kurang tertarik untuk menerima materi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan  hasil belajar siswa selama proses pembelajaran IPS dengan menerapkan penggunaan media power point .Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI  SDN Kaliasin VII Surabaya yang berjumlah 28 siswa dengan jumlah 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pelaksanaan pembelajaran  selama pembelajaran mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 64% pada siklus I dan 86% pada siklus II. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama 2 kali  pertemuan. Kedua siklus tersebut terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan respon siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru pada siklus I memperoleh 69 % dan siklus II memperoleh 88 %.pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 75% di siklus I dan 93% di siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan  pembelajaran dengan menggunakan media power point dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN Kaliasin VII Surabaya. Kata Kunci : IPS, Media Power Point, Hasil Belajar Siswa.   Abstract This research background of the low student learning outcomes in social studies is known that the students have a daily test scores did not reach a predetermined value of Minimum Completeness Criteria. From preliminary observations obtained results of students who have a minimum completeness values ​​were 9 of 28 overall students, or about 32%. The problem that arises is the students do not get to see the real conditions contained in the material making it difficult for them to accept the subject matter. students feel bored with the monotony perceived learning; teachers also still learning oriented text book; instructional media used are also still relatively conventional and less attractive students; during the learning process of students are less interested in receiving material. The purpose of this research is to improve student learning outcomes for social studies learning process by applying the use of media power point. This study used a class action research using qualitative descriptive research approach. Conducted through two cycles and each cycle consisting of planning, execution and observation, reflection. The subjects were students of class VI in SDN Kaliasin VII Surabaya consisting of 28 students with the amount of 13 male students and 15 female students. Data collection techniques used the method of observation and achievement test. The results of the study, indicating that the implementation of learning for learning has increased over the two cycles with 64% percentage of completeness in the first cycle and 86% in the second cycle. This type of research is the Classroom Action Research (CAR), which is done as much as two cycles. Each cycle was conducted over 2 meetings. The second cycle consisted of the planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques in this study using observation, tests and student responses. The collected data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative techniques. The results showed that the percentage of implementation of learning in teacher activity in cycle I gained 69% and the second cycle obtain 88% .In the student activity also increased from 75% in the first cycle and 93% in the second cycle. It can be concluded that the application of learning by using media power point can improve learning outcomes of sixth grade social studies students of SDN Kaliasin VII Surabaya.  Keywords : Social Studies, Power Point Media , Student Results.