PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN MAHASISWA PADA MATAKULIAH ANALISIS NUMERIK

Main Author: Susanti, Vera Dewi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: LPPM STKIP PGRI Pacitan Press , 2017
Online Access: http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/129
http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/129/115
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan kemandirian belajar mahasiswa semester 7 dalam perkuliahan Analisis Numerik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi dari validator LKM memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori sangat valid, karena memperoleh nilai rata-rata 91,15%, (2) LKM memenuhi kriteria kepraktisan, karena respon mahasiswa positif pada kelas uji coba terbatas ataupun uji coba lapangan, dengan persentase 89,4% dan 94,01%, (3) LKM memenuhi kriteria keefektifan, karena rata-rata skor total tes hasil belajar mahasiswa dalam kelas uji coba terbatas ataupun dalam kelas uji coba lapangan memperoleh nilai rat-rata 79,67% dan 81,31%, (4) Hasil analisis angket respon mahasiswa terhadap kemandirian belajar mahasiswa dikatakan positif pada kelas uji coba terbatas ataupun dalam kelas uji coba lapangan, dengan persentase 89,4% dan 94,01%.