PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA

Main Author: Zulchaidar, Ikhwan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Semarang , 2017
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/10798
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/10798/137-144
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar siswa merupakan tingkat keberhasilan siswa menguasai materi peelajaran setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan Studi Pendahuluan yang dilakukan di salah satu sekolah di Kab. Kuningan menunjukkan rata-rata nilai UAS Semester Ganjil 2015/2016 sebesar 56. Model Learning cycle 5E dipandang sebagai salah satu alternatif solusi yang memiliki tahapan-tahapan yang dapat membantu siswa untuk meningkatakan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran peningkatan prestasi belajar siswa sebagai efek diterapkannya model Learning Cycle 5E. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa-siswa kelas VII di salah satu SMP di Kab. Kuningan tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dengan nilai <g> 0,43 yang termasuk kategori sedang. 2) prestasi belajar siswa pada setiap aspek kognitif mengalami peningkatan masing-masing sebesar 0,64 untuk aspek C1, 0,51 untuk aspek C2, dan 0,34 untuk aspek C3, yang semuanya berada pada kategori sedang.