Thematic Progression of the Narratuive genres Written by the Third Students of UTM in the Academic Year 2009/2010
Main Author: | ., Farikah |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.utm.ac.id/index.php/jpi/article/view/39 |
Daftar Isi:
- Writing adalah salah satu dari empat ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Sejalan dengan diberlakukannya kurikulum berbasis kompetensi yang pengajarannya bersbasis teks, maka mahasiswa harus memahami jenis-jenis teks dalam kurikulum Bahasa Inggris baik SMP maupun SMA. Untuk dapat menulis paragraph yang koheren, kita perlu memperkenalkan Theme-Rheme dan Thematic Progression Pattern kepada mahasiswa. Berdasarkan penelitian tentang analisi Thematic Progression Pattern pada narrative texts dapat dilihat bahwa 31.67% dari klausa yang ditulis mahasiswa mengikuti pola Reiteration, 35.30 % Zig- Zag, 4.07 Multiple Theme Pattern dan 28.96% tidak mengikuti ketiga pola tersebut diatas. Keyword: Thematic Progression Patterns, Theme Rheme, Narrative Texts