Pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa kelas V SD Jarakan Sewon Bantul

Main Author: Purwaaktari, Eni
Other Authors: Universitas Negeri Yogyakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta , 2015
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4932
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4932/4258
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model collaborative learningterhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika dan sikap sosial siswa kelas V SDJarakan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain randomizedpretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VSD Jarakan pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas 5a,5b, 5c, dan 5d. Sampel sejumlah tiga kelas (dua kelas sebagai kelompok eksperimen dansatu kelas sebagai kelompok kontrol) ditentukan melalui pengundian. Data dikumpulkanmenggunakan tes dan angket. Validitas instrumen tes dan angket diperoleh dari expertjudgement sedangkan estimasi reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumusAlpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji t dan uji2 Hotelling’s dengan tarafsignifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dansignifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahanmasalah Matematika siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaanmodel collaborative learning terhadap sikap sosial siswa, dan (3) terdapat pengaruh positifdan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahanmasalah Matematika dan sikap sosial siswa yang diteliti