PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MENDAPAT MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER

Main Authors: Widaningsih, Ningrum; Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang, Yenni, Yenni; Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 2016
Online Access: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/987
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/987/788
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan kemampuan pemahaman matematis siswa yang rendah pada level Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Jenis pendekatan mengacu pada Quasi Experiment dengan desain control group pretest -posttest. Populasi sebanyak 350 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode clusster sampling. Kelas eksperimen pertama berjumlah siswa 43 mendapat treatment CRH dan kelas eksperimen kedua berjumlah siswa 42 mendapat treatment NHT. Data diperoleh dengan tektik tes. Tes berupa soal uraian yang memuat indicator kemampuan pemahaman matematis siswa. Sebelum ditetapkan sebagai instrument pretes dan postes, soal divalidasi hingga layak digunakan. Hasil uji normalitas pretest dengan chi kuadrat menujukkan dahwa kedua kelas berdiatribusi normal, sedangkan data posttest kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 disimpulkan bahwa sampel tidak berdistribusi normal. Hasil homogenitas dengan uji Fisher diperoleh kesimpulan sampel homogen pada pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa antara kelas yang mendapat metode CRH dengan kelas yang mendapat metode NHT. Hasil uji gain menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapat CRH lebih baik dari siswa yang mendapat NHT.