KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII
Main Authors: | Hanggara, Yudhi; Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau Kepulauan, Jafri, Fauzan; Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau Kepulauan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/972 https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/972/773 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektifitas model pembelajaran NHT ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin Seung Batam; (2) Efektifitas model pembelajaran TAI ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin Seung Batam, dan (3) perbedaan model pembelajaran NHT dan TAI ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin Seung Batam. Populasi dalan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin Seung Batam. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran NHT efektif ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin Seung Batam; (2) Model pembelajaran TAI tidak efektif ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin Seung Batam dan (3) Model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan model pembelajaran TAI ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin Seung Batam.Kata kunci: Efektifitas, Numbered Heads Together, Teams Assisted Individualization