PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI DISPOSISI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Main Authors: Risfalidah, Risfalidah; Universitas Lampung, Rosidin, Undang; Universitas Lampung, Sutiarso, Sugeng; Universitas Lampung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 2019
Online Access: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/6171
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/6171/pdf_5
Daftar Isi:
  • Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL), (2) untuk mengetahui disposisi peserta didik,(3) mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (4) mengetahui respon pesertadidik ditinjau dari kemenarikan dan kemudahan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan Perbankan SMK Negeri 4 Bandar Lampung, Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dan pengembangan ini mengikuti prosedur ADDIE. Data diperoleh dari validasi LKPD, hasil tes kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD valid menurut ahli media dan ahli materi, persentase hasil tes kemampuan komunikasi telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan disposisi matematis peserta didik cenderung meningkat pada beberapa indikator. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis peserta didik.Kata kunci: LKPD, PBL, disposisi, komunikasi, matriks.