PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA MELALUI GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH

Main Author: Ramadhani, Rahmi; Universitas Potensi Utama
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 2017
Online Access: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2032
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2032/1574
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memaparkan hasil penelitian yang bertujuan untuk menganalisis: apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika (KPKM) dan kemampuan pemecahan masalah matematika (KPMM) siswa kelas XII SMA YPK Medan yang diajarkan dengan guided discovery learning berbantuan Autograph; serta untuk melihat apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM siswa terhadap KPKM dan KPMM siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA YPK Medan. Sampel pada penelitian ini adalah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa sebagai kelas kontrol melalui metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan dengan ANAVA 2 Jalur. Hasil penelitian diperoleh: (1) Peningkatan KPKM dan KPMM siswa yang memperoleh guided discovery learning berbantuan Autograph lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM siswa terhadap peningkatan KPKM dan KPMM siswa. Kata kunci: Autograph, Discovery Learning, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep.