PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMK

Main Authors: Alvariz, Dendy; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF DR. HAMKA, Miatun, Asih; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF DR. HAMKA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 2023
Online Access: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/16414
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/16414/pdf_76
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kecemasan matematika siswa smk farmasi. Subjek yang digunakan adalah 33 siswa kelas XII Farmasi Bhumi Husada. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket kecemasan matematika, tes kemampuan berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa dengan kecemasan matematika tinggi memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interprestasi dengan kategori baik (80%), dan analisis dengan kategori cukup (75%); (2) Siswa yang kecemasan sedang memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematika yaitu interprestasi dengan kategori cukup (70%), analisis dengan kategori baik (80%), evaluasi dengan kategori cukup (70%), inferensi dengan kategori cukup (65%); dan (3) siswa yang kecemasan rendah mampu memenuhi kemampuan berpikir kritis, indikator interprestasi dengan kategori sangat baik (95%), analisis dengan kategori baik (85%), dan evaluasi dengan kategori sangat baik (90%). Kata kunci: pendidikan matematika, berpikir kritis, kecemasan matematika