ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Main Authors: Isnaini, Maulia Tusyadiah; Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Pradipta, Trisna Roy; Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 2022
Online Access: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/16014
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/16014/pdf_68
Daftar Isi:
  • Untuk memecahkan suatu masalah matematis, siswa membutuhkan kemampuan berpikir kreatif didalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar di tinjau berdasarkan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa SMP Daya Utama Bekasi kelas VIII yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian ini berupa observasi, kuesioner, tes soal dan wawancara. Penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pengaruh model pembelajaran kontekstual klasifikasi tinggi dan sedang mampu memenuhi indikator kerincian dan kelancaran. Dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pengaruh model pembelajaran kontekstual klasifikasi rendah mampu memenuhi indikator kerincian.Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Kontekstual. To solve a mathematical problem, students need the ability to think creatively in the learning process. The goal of this study is to describe the mathematical creative ability of junior high school students to solve flat space waking problems in the review based on contextual learning models. The studyuses desciptive qualitative research methods. The research subject is a junior high school primary power class with 27 students. The study research instruments consist of observation, questionnaires, question, and interview. The results showed that students mathematical creative abilities with the influence of high and medium level contextual learning models could meet the elaboration and fluency indicatorts.and students mathematical creative abilities with the influence of low level contextual learning models can meet the elaboration indicator.Keywords: Contextual Learning, Mathematical Creative Thinking Skills, Polyhedron