EKSISTENSI MEDIASI PERBANKAN SEBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA DI LUAR PENGADILAN
Main Authors: | Fatmawati, Mrs, Soraya, Ines Surya, Rizkia, Kinanti |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
[ 85 ] PRIVAT LAW: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Hukum Privat
, 2013
|
Online Access: |
http://lib.law.ugm.ac.id/ojs/index.php/pl/article/view/3440 |
Daftar Isi:
- Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Periindungan Konsumen, menyebutkan bahwa kedudukan nasabah bank merupakan konsumen yang harus memperoleh perlindungan hukum. Ketika hubungan hukum antara bank dan nasabah mulai tercipta, maka sejak itu terbuka kemungkinan sengketa antar para pihak. BI sebagai Bank sentral Indonesia memberikan alternatlf untuk menyelesaikan sengketa antara bank dengan nasabah diluarj alur pengadilan dengan membentuk Lembaga mediasi perbankan.Kajian ini bertujuan mengetahui (1) penyelesaian sengketa di luar pengadilan melalui proses mediasi, (2) problematik penyelesaian sengketa perbankan menggunakan jalur mediasi. Hasil penulisan menunjukkan bahwa dalam praktik penyelesaian sengketa melalui mediasi perbankan, terdapat banyak problematik yang ditemui antara lain aspek kelembagaan mediasi itu sendiri yang dilakukan oleh BI tanpa ada lembaga khusus yang menangani mediasi, cakupan mediasi yang terlalu tinggi, dan citra mediasi yang dinilai kurang independen.