IMPLEMENTASI DIMENSI LINGKUNGAN DALAM PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI PONDOK PESANTREN MODERN SELAMAT KENDAL

Main Authors: Ngabekti, Sri, Tandjung, S. Djalal, Wuryadi, Mr, Rijanta, R.
Format: Article eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: [ 11 ] JURNAL MANUSIA DAN LINGKUNGAN , 2013
Online Access: http://lib.law.ugm.ac.id/ojs/index.php/jml/article/view/3329
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Implementasi Dimensi Lingkungan dalam Pendidikan untuk Pembangunan Berke1anjutan (PPB) di Pondok Pesantren. Setting penelitian: Pondok Pesantren Modem Selamat Kendal yang sudah ada motivasi dalam pengelolaan lingkungan fisik dan biologis. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif-induktif yang mengedepankan adanya interaksi dan observasi partisipatif dengan subjek yang diteliti, dan melakukan observasi, dan wawancara dengan komunitas pondok pesantren. Pemilihan sampel secara purposive, accidental, dan snow-ball sampling. Kondisi lingkungan fisik, biologis, dan sosial-budaya diobservasi secara mendalam. Hasil wawancara ditranskrip, kemudian disajikan secara deskriptif Data penelitian kualitatif berupa naratif, deskriptif, dokumen pribadi, catatan lapangan, dokumen pondok pesantren, foto, video-tapes, dan hasil rekarnan CCTV. Guna memperoteh validitas data, komponen analisis data yang dilakukan adalah pengelompokan data, refleksi, dan triangulasi. Hasil eksplorasi implementasi dimensi lingkungan daiam PPB di Pondok Pesantren Modem Selamat Kendal menemukan bahwa dimensi lingkungan fisik, bioiogis, dan sosial-budaya, telah diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh komunitas pondok. Implementasi ini juga didukung oleh faktor lain yakni kurikulum, proses pembeJajaran pengetahuan umum dan agama, serta faktor spiritual Pendirinya.