ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMELIHARA KOMPONEN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN

Main Authors: Prasetyo, Dzikie Agung, Widjanarko, Dwi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang , 2015
Subjects:
EFI
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9171
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9171/5988
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model inkuiri pada kompetensi memelihara komponen sistem bahanbakar bensin , serta membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaraninkuiri. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,dengan tahapan setiap siklusnya meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Dari hasil penelitian ini dapat diketahui persentase ketuntasan klasikal dari pre-test, siklus I, dan siklus II. Padapre-test siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 66,19. Selanjutnya pada pos-test siklus I meningkat menjadi 76,16.Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 9,97. Kemudian pada pre-test siklus II nilai rata-rata kelas mencapai58,75. Sedangkan pada pos-test siklus II meningkat menjadi 77,63. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar18,88. Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri untukmeningkatkan hasil belajar memelihara komponen sistem bahan bakar bensin dapat dikatakan berhasil karena,dapat melampaui target indikator ketercapaian yang ditetapkan sebelumnya yaitu rata-rata nilai kelas ? 75.