PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA TRANSMISI OTOMATIS DAN KOMPONENNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Main Authors: | Hutomo, B. Prasetya Margo, ., Samsudi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9170 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9170/5987 |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adakah peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yangdiajar menggunakan media berbasis macromedia flash pada kompetensi memelihara transmisi otomatis dankomponen-komponennya dibandingkan dengan siswa yang tidak diajar menggunakan media berbasis macromediaflash. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakandesain penelitian quasi-eksperimental dengan pendekatan non-randomized control group pretest-posttest designatau desain prates-pascates kelompok control tanpa acak. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK ST. Pius XBlora yang terdiri dari dua kelas XI TKR sebanyak 60 siswa dan XII TKR sebanyak 30 siswa. Sampel penelitiandiperoleh dengan cluster sampling atau sampel daerah yaitu siswa kelas XI TKR 1 dan 2 yang berjumlah 60 siswa.Berdasarkan hasil penelitian, media interaktif berbasis macromedia flash yang diterapkan dikelas XI TKR 1menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan media interaktif berbasis macromedia flash hasil belajarnyameningkat secara signifikn daripada siswa yang diajarkan tanpa media berbasis macromedia flash. Simpulan daripenelitian ini yaitu pembelajaran dengan media berbasis macromedia flash lebih baik dibandingkan denganpembelajaran tanpa media berbasis macromedia flash pada kompetensi.