KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA FILM DAN PANEL PERAGA PADA KOMPETENSI SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR
Main Authors: | Najib, Ainun, ., Hadromi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9165 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9165/5982 |
Daftar Isi:
- nelitian ini bertujuan mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diterapkan media film lebih baik dibandingkandengan hasil belajar yang diterapkan alat peraga sistem penerangan sepeda motor. Penelitian ini menggunakanmetode eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa Kelas XI TSMSMK Negeri 1 Tengaran, terdapat tiga kelas yang mengambil jurusan TSM dan jumlah populasinya sebanyak 110siswa. Sampel yang digunakan adalah 35 siswa kelas XI TSM 2 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas XI TSM3 sebagai kelas control. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsidan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai 51,26 dan setelah diberikan media peraga meningkat menjadi 72,74, sehingga pada kelas kontrol setelah diberikan metode peraga mengalami peningkatan rata-rata mencapai 21,48 dan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai 51,00 dan setelah diberikan media film meningkat menjadi 79,80, sehingga pada kelas eksperimen setelah diberikan metode film mengalami peningkatan rata-rata mencapai 28,80 lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya mencapai 21,48.