KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PERAGA COMBINED BRAKE SYSTEM (CBS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI KOMPONEN MEKANISME PENGEREMAN

Main Authors: Gunawan, Leo Van, ., Suwahyo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang , 2017
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9152
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9152/5970
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peraga Combined Brake System (CBS) memberikan efek pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-exsperimental design jenis One Group Pre test-Post test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda SMK N 4 Semarang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian diambil berdasarkan total sampling/ sampling jenuh dimana anggota populasi seluruhnya dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan uji Gain untuk melihat seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan peraga Combined Brake System (CBS), sedangkan untuk melihat besarnya pengaruh peraga terhadap hasil belajar siswa digunakan uji t berpasangan. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Gain menunjukan peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis uji t berpasangan menunjukan Peraga Combined Brake System (CBS) memberikan efek positif pada peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda SMK N 4 Semarang pada pembelajaran identifikasi komponen mekanisme pengereman.