PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMELIHARA TRANSMISI OTOMATIS DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA

Main Authors: Budi Rahayu, M. Eko, ., Masugino
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang , 2015
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/5321
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/5321/4252
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media berbasis education game pada kompetensi memelihara transmisi otomatis dan komponen-komponennya dibandingkan dengan siswa yang tidak diajar menggunakan media education game. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian quasi- experimental dan pendekatan non-randomized control group pre test-post test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Pekalongan. Sampel penelitian di peroleh dengan cluster sampling yaitu siswa kelas XI TKR 1 dan 2 yang berjumlah 65 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis education game hasil belajarnya tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang diajarkan tanpa media berbasis education game.