PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL

Main Authors: Fatkhannudin, Fatkhannudin, Suwahyo, Suwahyo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang , 2012
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/5271
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/5271/4242
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi sistem pengapian konvensional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MO-3 teknik mekanik otomotif SMK N 10 Semarang semester genap yang berjumlah 37 siswa dengan fokus penelitian peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus kegiatan. Setiap siklus penelitian ini terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, dari 37 siswa sebanyak 30 siswa telah tuntas dan sebanyak 7 belum tuntas. Nilai rata -rata aktivitas siswa yang dicapai pada siklus I sebesar 66,22% dan pada siklus II sebesar 78,51%. Hasil belajar siswa pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 66.22 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 78.51.