PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMELIHARA KOMPONEN KOPLING

Main Authors: Setiawan, Fajar Arif, Masugino, Masugino
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang , 2020
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/24612
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/24612/10373
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar pada kompetensi dasar memelihara komponen kopling pada kelas kontrol dibandingkan dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Pupolasi dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Subjek yang di gunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas XI TKR II digunakan sebagai kelas eksperimen, dan XI TKR II digunakan sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah teknik total populasi. Hasil penelitian dari pemberian soal pre-test pada kelas eksperimen menunjukkan nilai terendah 4.67, nilai tertinggi 7.00, rata-rata 5.73. Dan pada kelas kontrol nilai terendah 4.67, nilai tertinggi 6.33, dan rata-rata 5.80. Sedangkan hasil data post-test pada kelas eksperimen menunjukkan nilai terendah 7.67, nilai tertinggi 9.33, rata-rata 8.58. Dan pada kelas kontrol nilai terendah 6.00, nilai tertinggi 8.67, dan rata-rata 7.34. Dengan demikian dapat dikatakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi memelihara komponen kopling.