PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DESAIN PRODUK MELALUI METODE DRILL DENGAN STRATEGI MENGGUNAKAN AMPLOP

Main Author: Sumaryati, Sumaryati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/24578
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/24578/10367
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dengan strategi menggunakan amplop dapat meningkatkan minat belajar desain produk bagi peserta didik kelas X Kriya Tekstil 1 SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dirancang menggunakan 2 siklus. Data diambil dari hasil tes dan observasi. Hasil belajar menunjukkan minat belajar desain produk dengan metode drill dengan strategi menggunakan amplop mengalami peningkatan, dari kondisi awal prosentase jumlah peserta didik yang tuntas (telah memenuhi KKM) sebesar 57,58 % meningkat pada Siklus I yang tuntas belajar 75,76 % dan pada kondisi akhir siklus II menjadi 84,85 %. Perubahan perilaku siswa lebih aktf dan termotivasi serta terjadi peningkatan minat dalam mengikuti pelajaran.