PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA YANG DILENGKAPI MEDIA BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMERIKSAAN CACAT PENGELASAN SISWA SMK 1 KARANGDADAP

Main Authors: Pramono, Adi, Khumaedi, Muhammad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/18635
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/18635/9044
Daftar Isi:
  • Penggunaan Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah lembar kerja siswa (LKS). Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI TP 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas XI TP 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar yang menggunakan media Lembar Kerja Siswa (LKS) dilengkapi media benda dibandingkan dengan pembelajaran ceramah pada siswa SMK 1 Karangdadap. Besarnya peningkatan hasil belajar sebesar 68,28% dengan kriteria tinggi, sedangkan yang menggunakan pembelajaran ceramah sebesar 19,34% dengan kriteria sangat rendah. Penelitian ini membuktikan bahwa dengan media Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media benda dapat menghasilkan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ceramah, maka dapat dijadikan alternatif oleh pendidik dalam proses pembelajaran khususnya kompetensi pemeriksaan cacat pengelasan