KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ASSSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENERANGAN MOBIL

Main Authors: Miftahudin, ., ., Hadromi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang , 2018
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/12731
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/12731/7277
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARIAS pada pemahaman materi sistem penerangan mobil. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-test-post-test Design. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada pemahaman materi sistem penerangan mobil pada kelompok eksperimen yang semula 55,5 menjadi 78,5 sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata-rata sebesar 52,4 menjadi 72,5.