PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Division ) PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

Main Authors: INDAH RIANI, NOVI Indah; S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Univers itas Negeri Surabaya, Muliatna, I Made; S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Univers itas Negeri Surabaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA , 2012
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/601
Daftar Isi:
  • AbstrakPendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber dayamanusia khususnya Indonesia untuk pembangunan bangsa. Salah satu komponen yang pentingdalam sistem pelaksanaan pendidikan adalah bagaimana meningkatkan kualitaspembelajarannya. Berdasarkan proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo yangtelah ada, pengajar menyampaikan materi menggunakan model pembelajaran langsung. Padaumumnya, siswa mendengarkan dan menghafal informasi yang diperoleh dari guru, sehinggakonsep yang tertanam kurang begitu kuat. Dari model yang diterapkan pengajar selama ini, hasilbelajar yang dicapai kurang optimal dan keaktivan siswa juga terlihat kurang. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui seberapa besar respon yang ditunjukkan siswa, tingkat aktivitasbelajar siswa selama KBM berlangsung , peranan guru dalam mengelola kelas, danmeningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipeSTAD pada mata pelajaran sistem pendingin.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch), di mana setiap siklus mempunyai tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasidan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian nantinya dikumpulkan dan dianalisis secaradeskriptif kualitatif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembarpengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar tes hasilbelajar, dan angket respon siswa.Hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara berturut -turut yaitu siklus I sebesar 63,3%, siklus II sebesar 83,3%, dan siklus III sebesar 94%. Untukhasil aktivitas siswa kategori berdiskusi pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut -turut14,8%, 15,3%, dan 15,8%. Sedangkan un tuk kategori perilaku yang tidak relevan menurun darisiklus I, II dan III yakni 9%, 5%, dan 1%. Kemudian untuk hasil belajar siswa mengalamipeningkatan di tiap siklusnya yakni sebesar 56,8%, 78,4%, dan 91,9%. Untuk respon siswamenunjukkan hasil yang sangat baik setelah diterapkannya MPK tipe STAD yakni 87%. Hal inimenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD cukup berpengaruhuntuk meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Sistem Pendingin, Pengelolaan Pembelajaran,Aktivitas Siswa, Hasil Belajar siswa, dan Respon Siswa.