PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN CNC KELAS XI TPM 2 SMK NEGERI 2 BANGKALAN

Main Authors: Adi, Anjar Purnomo, Kurniawan, Wahyu Dwi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/49031
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/49031/40852
Daftar Isi:
  • AbstrakPenerapan model pembelajaran di SMKN 2 Bangkalan pada mata pelajaran CNC kelas XI TPm 2 masih menerapkan metode konvensional, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa Kelas XI TPm 2 SMK Negeri 2 Bangkalandengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi / evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes hasil belajar pada tiap akhir siklus. Rata – rata nilai belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 58,75, dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 32,14%. Pada siklus I (T1) rata-rata nilai belajar meningkat menjadi 72,50, dengan ketuntasan hasil belajar 64,29%, karena dianggap belum mencapai ketuntasan yang di inginkan maka dilanjutkan ke siklus II dengan hasil ketuntasan belajar 82,14% dan nilai rata-rata hasil belajar mencapai 77,14. Hal ini dapat mengindikasikan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menjadikan siswa dapat bekerja sama, berfikir kritis dan meningkatnya rasa percaya diri untuk menjawab pertanyaan dan memberi tanggapan pada pembahasan kelompok lain. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Pemrograman CNC, maka dapat disimpulkan bahwa T0≤T1≤T2.Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Pemrograman CNC.