HAMBATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19
Main Authors: | ayuningtyas, vidya, Arsana, I Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA
, 2022
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/47374 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/47374/40117 |
Daftar Isi:
- Abstract Education is defined as a conscious and planned effort that functions so that students can actively develop their potential. However, until now there is still an outbreak of a disease known as COVID-19 in Indonesia. This has resulted in various educational institutions being forced to carry out online learning to suppress more transmission. Thus, it is very likely that the learning process will experience obstacles that have an impact on the ability of students to absorb teaching materials optimally. This study aims to determine how big the barriers to distance learning are during the COVID-19 pandemic. This research is a quantitative descriptive study with data collection techniques in the form of a questionnaire. Data collection was carried out through a google form involving 74 students from various classes and 30 lecturers from the Department of Mechanical Engineering, UNESA. The collected data was then analyzed descriptively. Based on the results of the study, it showed that the obstacles faced by students in participating in distance learning were in the "high" category with a percentage of 52.7%, while the obstacles experienced by lecturers were in the "moderate" category, namely 50% which was calculated based on several factors studied, namely the physical, psychological, facilities, and learning materials. Keywords: Covid-19 Pandemic, Distance Learning, Learning Barriers
- Abstrak Pendidikan didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana yang difungsikan agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Namun hingga saat ini masih ada wabah penyakit yang dikenal dengan istilah covid-19 di indonesia. Hal ini berakibat pada berbagai lembaga pendidikan yang terpaksa melaksanakan pembelajaran secara online untuk menekan penularan lebih banyak. Dengan demikian besar kemungkinan proses pembelajaran akan mangalami hambatan yang berdampak pada kemampuan mahasiswa untuk menyerap materi ajar secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hambatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Pengumpulan data dilakukan melalui google form yang melibatkan 74 mahasiswa dari berbagai Angkatan dan 30 dosen Jurusan Teknik Mesin UNESA. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh berada pada kategori “tinggi” dengan persentase sebesar 52,7%, sedangkan hambatan yang dialami dosen berada pada kategori "sedang" yaitu sebesar 50% yang dihitung berdasarkan beberapa faktor yang diteliti yaitu faktor jasmani, psikologi, fasilitas, dan materi pembelajaran. Kata kunci : Pandemi Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Hambatan Pembelajaran