Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Kelas XI SMK Negeri 1 Trowulan
Main Author: | Maulid, Rendy Rahma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA
, 2021
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/43572 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/43572/37236 |
Daftar Isi:
- The definition of education is an activity in the from of guidance, learning, direction, training, and also modeling through various educational strategies. Learning activities often experience obstacles, one of which is the ineffectiveness of the learning model used. Many students feel bored with the lucture method in their learning. This has an impact on student activity that is less so that their learning outcomes are also less than optimal. This study aims to determine the implementation of the Discovery Learning learning model, the difficulties encpuntered, differences in learning outcomes, and students responses to welding engineering subject at SMK Negeri 1 Trowulan. The populatiion in this study are national research journal and international research journal related to the research title. The sample in this study amounted to 3 (three) national research journals and 2 (two) international research journal related to the research title. Data colletion techniques are library sources that come from national research journals and international research journals. Data analysis consist of 3 (three) stages, namely data reduction, data presentation and verification. The results of the study stated that welding technique is a major that is in great demand, the obstacles experienced are monotonous and less fun learning, discovery learning is a learning model that can increase students activity and lead to fun learning and an increase in students learning outcomes using discovery learning.
- Definsi pendidikan adalah suatu kegiatan berupa bimbingan, pembelajaran, pengarahan, pelatihan, dan juga pemodelan melalui berbagai macam strategi yang mendidik. Kegiatan pembelajaran sering mengalami kendala salah satunya yaitu kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Banyak siswa yang merasa bosan dengan metode ceramah dalam pembelajaran yang dilakukan. Hal tersebut berdampak pada keaktifan siswa yang kurang sehingga hasil belajar mereka juga kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning, kesulitan yang dihadapi, perbedaan hasil belajar, dan respon siswa pada mata pelajaran teknik pengelasan di SMK Negeri 1 Trowulan. Populasi dalam penelitian ini adalah jurnal penelitian nasional dan jurnal penelitian internasional yang berkaitan dengan judul penelitian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 3 (tiga) jurnal penelitian nasional dan 2 (dua) jurnal penelitian internasional yang berkaitan judul penelitian. Teknik pengumpulan data adalah sumber-sumber kepustakaan yang berasal dari jurnal penelitian nasional dan jurnal penelitian internasional. Analisis data terdiri dari 3 (tiga) tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa teknik pengelasan menjadi jurusan yang banyak diminati, kendala yang dialami yaitu pembelajaran monoton dan kurang menyenangkan, discovery learning menjadi model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan menimbulkan pembelajaran yang menyenangkan, serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan discovery learning.