PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN MESIN CNC TU 2A SISWA KELAS XI TPM 3 DI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU
Main Authors: | Hidayat, Togik; S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, Palupi, Aisyah Endah; S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/4151 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPendidikan dalam prosesnya diperlukan adanya berbagai media pembelajaran yang mampumenciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang lebih baik sehingga menciptakan rasa senang dan rasaingin tahu pada siswa untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Tujuan dari penerapan mediapembelajaran ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa, setelah mengalami prosespembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8. Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research (CAR)). Penelitian ini akan dilakukan dikelas XI TPM 3 SMK Negeri 3 Boyolangu pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Subjek daripenelitian ini adalah siswa kelas XI TPM 3 Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu, denganjumlah siswa didik 34 orang. Objek dari penelitian ini adalah proses belajar dengan menerapkan mediapembelajaran berbasis Macromedia Flash 8. Hasil dari penelitian ini menunjukan, bahwa penerapanmedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Computer Numerically Controlled(CNC) TU 2A mampu meningkatkan respon belajar siswa, dengan persentase 86,72% dari 34 siswa, yangdapat dikatagorikan dalam kategori “Sangat Kuat”. Hasil belajarnya juga ikut meningkat dari nilai rataratapre-test 78,03 meningkat menjadi 84,12 dan dinyatakan “Tuntas” dengan ketuntasan belajar kelasmencapai 91,42%.Kata Kunci : media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8, pembelajaran langsung,Computer Numerically Controlled (CNC) TU 2A.ABSTRACTEducation in the process is needed a learning media variety to create a situation and a betterlearning condition so creating a sense of fun and curiosity in students to achieve a learning goal.The purpose of this learning media application is to know learning outcomes and studentresponse, after a process of learning by using learning media based macromedia flash 8. Thistype of research is a classroom action research (Classroom Action Research (CAR)). This studywill be done in class XI TPM 3 SMK Negeri 3 Boyolangu at the second semester of academicyear 2012/2013. Subject of this study is students of class XI TPM 3 Department of MechanicalMachining SMK Negeri 3 Boyolangu, the number of student learners are 34 people. The objectof this research is the process of learning by implementing media-based learning MacromediaFlash 8. The results of this study show that the application of instructional media based onMacromedia Flash 8 subject Computer Numerically Controlled (CNC) 2A TU are able toimprove the response of student learning, with a percentage of 86.72% of the 34 students, whichcan be categorized in the category of "Very Strong". The results Study also increase from anaverage value of pre-test 78.03 to 84.12 and stated "Completed" with a passing grade classreaches 91.42%.Keywords: Learning media based Macromedia Flash 8, direct instruction, ComputerNumerically Controlled (CNC) TU 2A.