PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (MPL) PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM KELISTRIKAN OTOMOTIF JURUSAN TEKNIK MESIN FT-UNESA

Main Authors: Nurfauzan, Johan; S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Wailanduw, A. Grummy; S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA , 2013
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/2079
Daftar Isi:
  • AbstrakKetersesuaian model pembelajaran dengan topik yang akan diajarkan sangatlah berpengaruh terhadaphasil belajar pebelajar. Model pembelajaran yang tidak sesuai akan mengakibatkan hasil belajar pebelajarkurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Untukmengetahui respon pebelajar terhadap proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaranlangsung (MPL). Untuk mengetahui aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung.Penelitian ini diterapkan pada matakuliah praktikum Kelistrikan Otomotif jurusan teknik mesin FT-Unesapada topik sistem pemgisian menggunakan IC Regulator. Obyek dari penelitian ini adalah mahasiswa D3Otomotif 2010 yang terdiri dari 12 Mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research) yang terdiri dari beberapa siklus yang mengacu pada kriteria ketuntasanyang ditentukan. Bila pada siklus I belum didapatkan nilai yang sesuai dengan kriteria ketuntasan, makasiklus akan berlanjut sampai didapatkan hasil yang sesuai dengan kriteria ketuntasan. Setiap siklusmempunyai tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh daripenelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan aktivitas pebelajar, lembar tes hasil belajar,angket pebelajar. Hasil dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya Model Pembelajaran Langsungpada topik sistem pengisian menggunakan IC Regulator di mata kuliah praktikum Kelistrikan Otomotif,hasil belajar mata kuliah praktikum Kelistrikan Otomotif mahasiswa D3 Otomotif meningkat dengankriteria ketuntasan mencapai nilai 75 (B+). Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar yangpada siklus I hanya satu belajar yang mencapai kriteria ketuntasan namun pada siklus II seluruh pebelajarsudah mencapai kriteria ketuntasan yaitu ≥75 (B+) dan aktivitas pebelajar dari skor rata -rata = 86,77menjadi 97,22, meskipun pada kenyataannya respon pebelajar mengalami penurunan yang semulanyasiklus I dengan prosentase rata-rata 79,99 % menurun menjadi 77,64 %.Kata kunci : Model Pembelajaran Langsung (MPL), Hasil belajar.AbstractThe Conformity of learning model with the topics to be taught very influential on learning outcomes oflearners. Learning model that does not comply will be affect in the learning result of learner is notmaximal. The research purpose of this study is improve student learning outcomes. To study the responseof learners to apply direct instruction model (DI). To determine the activity of students during thelearning process takes place. This study applied to practicum courses Automotive Electrical engineeringmajors of FT-Unesa on the topic charging system using IC Regulator. The object of this study wasstudent D3 Automotive 2010 which consists of 12 students. The kind of this research is Classroom ActionResearch which consists of several cycles refers to completeness criteria specified. When the cycle of firststep is can not obtained a value corresponding to the criteria of completeness, the cycle will continue untilthe obtained results are in accordance with the criteria of completeness. Each cycle has stages, planning,action, observation and reflection. Data obtained from this study were collected and analyzed qualitativedescription, while the instruments used in this study include the observation sheet learner activity,achievement test sheets, questionnaires learners. The results of this study are the application of directinstruction model on topic charging system using the IC regulator in Automotive Electrical practicumcourses, learning outcomes practicum courses D3 Automotive Electrical Automotive increasing studentmastery criteria for achieving a grade of 75 (B+). This is indicated by the increasing learning outcomes inthe first cycle is only one study that reached mastery criteria but on the second cycle all learners haveachieved the final learning criteria score ≥ 75 (B+) and the activity of the learner's mean score = 86,77 to97,22 , despite of the fact that the response decreased firstly learners first cycle with an averagepercentage of 79,99 % decreased to 77,64 %.Keywords : Direct Instruction Model (DI), learning outcomes.