PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGUJI DAN MERAWAT BATERAI KELAS X TKR 2 SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Main Authors: Mei Juwitasari, Sulistyo, Grummy Wailanduw, A.
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/17417
Daftar Isi:
  • Abstrak Penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa menjadi bosan serta bermalas-malasan. Sehingga saat guru bertanya pada materi yang diajarkan, siswa tidak bisa menjawab, sehingga prestasi siswa kurang maksimal. Dari tahun ajaran 2014-2015 dari 73 siswa dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Dari data yang didapat, sebanyak 20 siswa (27%) mendapat nilai diatas KKM, sebanyak 10 siswa (14%) mendapat nilai KKM, dan sebanyak 43 siswa (59%) mendapat nilai dibawah KKM. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran quantum teaching yang mana didalamnya terdapat strategi pembelajaran yang menyenangkan.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan  subyek penelitian di kelas X TKR 2 di SMKN 2 Lamongan tahun ajaran 2015/2016. Model PTK yang digunakan adalah Model Hopskin. Variabelnya adalah hasil belajar, aktivitas, dan respon siswa.  Penelitian ini dengan 2 siklus dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket yang diaplikasikan dalam bentuk instrumen penelitian. Data yang diperoleh kemudian dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I nilainya adalah  64,46% meningkat  dan kemudian menjadi 85,56% pada siklus II. Ketuntasan klasikalnya pada siklus I adalah 63% meningkat 91% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi siswa kelas X TKR 2 SMK Negeri 2 Lamongan tahun pelajaran 2015/2016.   Kata kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Prestasi Belajar   Abstract Use of speech method cause the student become boring and being lazy. So that, when the teacher ask about the lessons taught, student can’t answer, so that the student achievement not maximum. From 2014-2015 school years from 73 students with the score of minimum completeness criteria is 75. From the data obtained, 20 students (27%) get score above the minimum completeness criteria, 10 students (14%) get the minimum completeness score, and 43 students (59%) get score bellow the minimum completeness criteria. Therefore, reseacher apply quantum teaching model that there are many fun learning strategy. This kind of research is classroom action research with the research subject in class X TKR 2 at SMKN 2 Lamongan 2015/2016. This classroom action research model with used is Hopkins Model. The variable is learning result, activity and student responses. This result with 2 cycle and data collecting technique with used is test observation, and questionnaire which applied in the form of research instrument. Data obtained then be gathered analyzed in qualitative descriptive. The result of research show that student’s activity on cycle I the score increase is 64,46% and then become 85,56% on cycle II.  The classical completeness on cycle I is 63% increase 91% on cycle II. Therefore can be concluded that quantum teaching model can use to improve students achievement of class X TKR 2 SMKN 2 Lamongan 2015/2016 school years.   Keyword: Quantum Teaching Model, Study Achievement