PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PEKERJAAN PENGELASAN DENGAN LAS BUSUR MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI TP SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Main Authors: HADI SAPUTRO, AFIF, , Yunus
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/15035
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah kegiatan belajar menggunakan model problem solving pada standar kompetensi melakukan pekerjaan pengelasan dengan las busur manual di SMK Negeri 2 Lamongan, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model problem solving pada standar kompetensi melakukan pekerjaan pengelasan dengan las busur manual. Jenis dan desain penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif, desain menggunakan The One Group Pretest-Posttest Design adalah Jenis ini terdapat pre-test sebelum diberi perlakuan. Sedangkan dalam penentuan sampel penelitian digunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TP SMK Negeri 2 Lamongan yang berjumlah 37 siswa. Analisis data untuk validasi perangkat pembelajaran menggunakan analisis deskriptif sedangkan analisis hasil belajar siswa untuk membedakan hasil belajar pada pre-test dan post-test digunakan uji-t dengan metode Paired-sample t-Test. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan metode Paired-sample t-Test menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara pre-test dan post-test. Hasil thitung adalah - 4,003 dan ttabel (α=0,05; dk = 37-1) adalah 2.023 sehingga thitung < ttabel (-4,003< 2,023). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI TP SMK Negeri 2 Lamongan antara sebelum dan sesudah penerapan model problem solving pada standar kompetensi melakukan pekerjaan pengelasan dengan las busur manual. (2) Respon siswa terhadap penerapan model problem solving pada standar kompetensi melakukan pekerjaan pengelasan dengan las busur manual adalah sebesar 80%. Artinya, siswa merespon positif terhadap penerapan model problem solving pada standar kompetensi melakukan pekerjaan pengelasan dengan las busur manual. Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem Solving, Hasil belajar, Respon siswa.