PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 BOYOLANGU, TULUNGAGUNG

Main Authors: PRIYASUDANA, DANANG, Cholik, Mochamad
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/14871
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika teknik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung. Data diambil dengan menggunakan angket respon siswa, lembar pengamatan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan paradigma sederhana adalah penelitian terdiri dari satu variabel independen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas, respon dan tes hasil belajar siswa selama proses pembelajaran mata pelajaran Mekanika teknik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terjadi peningkatan yang signifikan. Aktivitas siswa mengalami perubahan karena siswa mampu berfikir kritis, mempunyai keterampilan komunikasi dalam kelompok, siswa lebih aktif dan berani untuk mengeluarkan pendapat di depan teman-temannya. Respon siswa terhadap keseluruhan aspek pada lembar angket respon siswa, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dikategorikan baik dan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar (KBM). Hasil belajar siswa selama proses pembelajaran mata pelajaran mekanika teknik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terjadi peningkatan hasil tes siswa. Untuk Tes dapat dilihat dari rata – rata (mean) tiap kelas kelas X TPm 3 dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah sebesar 76,80 dan untuk kelas X TPm 2 dengan model pembelajaran langsung adalah 73,37 artinya bahwa rata-rata nilai ujian kelas X TPm 3 lebih tinggi daripada rata-rata nilai ujian kelas X TPm. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), respon siswa, aktivitas siswa, hasil belajar siswa.