PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATA DIKLAT MESIN KONVERSI ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X TPM 2 DI SMK NEGERI 7 SURABAYA
Main Authors: | HANAFI, IMAM, Achmadi Hasyim, Budihardjo |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/14665 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penerapan pembelajaran ini adalah (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) respon belajar siswa, (3) dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif team assisted individualization pada mata diklat Mesin Konversi Energi SMKN 7 Surabaya. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindak kelas. Penelitian ini harus melalui 2 siklus, siklus I menggunakan pre-test dan post-test, siklus II menggunakan post-tes. Data yang diperoleh diolah dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dengan diterapkannya model pembelajaran team assisted individualizatin pada mata diklat Mesin Konversi Energi SMKN 7 Surabaya dapat meningkatkan aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil (1) aktivitas siswa dari siklus I yang nilai presentasenya 65,04% ke siklus II yang nilai presentasenya 82%, (2) respon siswa dari siklus I dengan nilai presentase 70,35% ke siklus II dengan nilai presentase 75%, (3) belajar siswa pada siklus I yang nilai klasikalnya 71,40% ke siklus II dengan hasil nilai klasikal 92,80%. Kata Kunci: Model team assisted individualization, penelitian tindak kelas, meningkatkan hasil belajar.