METODE RESITASI KELOMPOK DAN METODE RESITASI MANDIRI BERBASIS KARAKTER DAPAT MENINGKATKAN EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: TIO PRADIKTA, ZEFRY Tio; S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Palupi, Aisyah Endah; Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA , 2012
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/1018
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPeranan pendidikan dituntut untuk lebih menyeluruh dalam pembinaan tidakhanya pada hasil belajar saja tetapi juga terhadap sikap dan perilaku yang harusdimiliki oleh siswa kususnya siswa SMK. Menanggapi hal tersebut perlu akan adanyapendidikan yang mampu merubah sikap kearah yang lebih baik karena terkait haltersebut juga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pembelajaran yang perluditerapkan harus mampu mencakup keseluruhan demi pencapaian hasil belajar yangbaik serta membentuk sikap berkarakter siswa yaitu dengan menggunakan pendidikanberkarakter. Tidak kalah pentingnya menentukan metode pembelajaran yaitumenggunakan metode resitasi mandiri dan resitasi kelompok berbasis karakter.Penerapan metode tersebut bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, responsiswa dan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan subjek pada siswa kelas XI TKR 4 SMK PGRI ISidoarjo dengan objek penelitian metode resitasi kelompok dan metode resitasimandiri berbasis karakter menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangmemiliki beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Penelitian dilakukan pada mata diklat Overhoul sistem pendingin denganmenggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa dapattercapai apabila nilai siswa ≥ 78 dan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Metode yangdikatakan efektif adalah metode yang memiliki ketuntasan klasikal lebih besar.Hasil penelitian menunjukan respon siswa terhadap metode resitasi kelompokadalah 81,67% dan metode resitasi mandiri adalah 78,18%. Rata-rata persentaseaktivitas siswa terhadap metode resitasi kelompok adalah 82 % dan metode resitasimandiri adalah 78 %. Ketuntasan hasil blajar siswa terhadap metode resitasi kelompokadalah 91 % dan resitasi mandiri adalah 85 %. Metode resitasi kelompok lebih efektifdibandingkan dengan metode resitasi mandiri hal ini terlihat dari kekuntasan klasikalyang didapatkan.Kata kunci: metode resitasi kelompok, metode resitasi mandiri.ABSTRACTThe role of education must be more thorough in coaching not only onlearning outcomes, but also the attitudes and behaviors that must be possessed by thestudent specially vocational students. Responding to the need to be the education thatcan change its attitude towards the better because it will also be related to an effecton student learning outcomes. Lessons need to be applied should be able to cover thewhole for the achievement of learning outcomes as well as shape the attitudes ofstudents characterized by using character education. No less important to determinethe learning method is to use an independent recitation and method of characterbasedgroups recitation. Application of the method aims to increase student activity,student responses and student learning outcomes. This study used subjects in class XI TKR 4 SMK PGRI I Sidoarjo with theobject of research methods group recitation and recitation method using characterbasedindependent Classroom Action Research (CAR), which has several stages of theplanning, execution, observation, and reflection. Research carried out the training ofthe subject is Overhoul cooling sistem by using descriptive qualitative andquantitative methods. Student learning outcomes can be achieved if students score ≥78 and ≥ 80% classical completeness. The method is effective is the method that has alarger classical completeness.The results showed students' response to the recitation method was 81.67%and independent recitation method was 78.18%. The average percentage of studentactivity group recitation of the method was 82% and independent recitation methodwas 78%. the results of students' mastery of the methods of recitation learn group was91% and was 85% self-sufficient recitation. Group recitation method is more effectivethan self-recitation method it can be seen from a classical completeness obtained.Keywords: group recitation method, self-recitation method.