PENERAPAN METODE RESITASI KELOMPOK BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR I DI SMK PGRI 1 SIDOARJO

Main Authors: Wulansari, Yuli; S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Palupi, Aisyah Endah; Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA , 2012
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/1017
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPendidikan karakter merupakan pendidikan yang tepat untuk diterapkan disekolah manapun khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) karena selainmendidik siswa untuk peningkatan hasil belajar juga mendidik siswa dalamberperilaku. Hal yang terjadi di lapangan, siswa yang memiliki prilaku tidak baikadalah siswa yang tidak tuntas belajar dan kurangnya aktivitas siswa dalam berdiskusi.Berdasarkan kajian tersebut, salah satu upaya adalah dengan penerapan metoderesitasi kelompok berbasis karakter. Tujuan dari penerapan metode ini adalah untukmeningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan siswa dapatberperilaku berkarakter seperti jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalampembelajaran.Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode resitasi kelompokberbasis karakter dengan subjek siswa kelas XI TKR I dan aktivitas guru mengajar diSMK PGRI 1 Sidoarjo dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Setiap siklus ada empat tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasiaktivitas guru, aktivitas siswa, hasil tes, dan angket respon siswa. Analisis data yangdiperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas guru, aktivitas siswa danangket respon siswa diukur menggunakan skala likert sedangkan hasil belajar siswasecara individu diperoleh dari nilai kerja sama (20% dari nilai kelompok), nilaipartisipasi dan komunikasi (diskusi) (10% dari nilai kelompok), nilai tanggung jawabindividu (10% dari nilai kelompok) dan nilai tes kelompok (60% dari nilai kelompok),keempat nilai tersebut jika ditambahkan merupakan nilai maksimal individu. Hasilbelajar klasikal dapat tercapai apabila nilai siswa ≥ 78 dan ketuntasan klasikal ≥ 80%.Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dalam menerapkan RPP adalah79% (baik). Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran adalah 80% (baik).Respon siswa terhadap penerapan metode resitasi kelompok berbasis karakter sangatbaik. Perilaku berkarakter siswa tergolong baik. Hasil belajar siswa yang tuntas padasiklus I adalah 43 siswa dengan ketuntasan klasikal 75% dan pada siklus II adalah 51siswa dengan ketuntasan klasikal 89%.Kata kunci: hasil belajar, pendidikan karakter, resitasi kelompok.ABSTRACTCharacter education is an education appropriate to be applied in any schoolespecially in Vocational High School (VHS) because in addition to educating studentsto increase learning outcomes also educates students to behave. Things happen on thefact, students who have behavior is not good a students who do not pass the study andthe lack of activity of students in discussion. Based on these studies, an effort be theapplication of the method of character-based group recitation the group recitationmethod character-based. The purpose of the application of this method is that it toJPTM, Vol. 1 Nomor 2 Tahun 2013108increase the activity of the teacher, student activity, student learning outcomes andstudents can behave like an honest character, discipline, and responsibility in learn.The object of this research is the application of the method of characterbasedgroup recitation by the subjects are students of class XI TKR I and teacheractivity at SMK PGRI 1 Sidoarjo with using this type of Classroom Action Research(CAR).Each stage of the cycle, there are four stages of planning, implementation,observation, and reflection. Data collection in this study using observation sheetsteacher activity, student activity, test results, and questionnaire responses of students.The analisis data obtained are qualitative and quantitative data. Teacher activity,student activity and student questionnaire responses were measured using a Likertscale while individual student learning outcomes derived from the value of workingtogether (20% from group value), the value of participation and communication(discussion) (10% from group value), the value of individual responsibility (10% fromgroup value) and value of the test group (60% from group value), if all of them areadded be individu value. Classical learning outcomes can be achieved if studentsscore ≥ 78 and ≥ 80% classical completeness.The results showed the activity of teachers in implementing the RPP was79% (good). Student activity during the study was 80% (good). Students' response tothe application of the recitation method based character very well. The behavior ofstudents classified as either character. Learning outcomes of students who completedthe first cycle is 43 students with classical completeness 75% and in the second cycleis 51 students with classical completeness 89%.Keywords: learning out comes, character education, group recitation.