PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN STRATEGI BELAJAR RECIPROCAL TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DIGITAL DI SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN
Main Authors: | Mubarok, Muhammad Sabut; Jurusan Teknik Elektro FT UNESA, Sumbawati, Meini Sondang; Jurusan Teknik Elektro FT UNESA |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Unesa
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/7908 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan strategi belajar reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah pada mata diklat dasar-dasar elektronika digital di SMK Sunan Drajat Lamongan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Non Equivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Sunan Drajat Lamongan. Diambil sampel penelitian ini adalah kelas X TEI SMK Sunan Drajat Lamongan tahun pelajaran 2013/2014. Untuk kelas eksperimen adalah kelas X TEI 1 dan untuk kelas kontrol adalah kelas X TEI 2. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t. Hasil selisih post-test dengan pre-test dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, berdasarkan analisis tersebut didapatkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis uji-t yaitu selisih hasil belajar post-test dengan pre-test menggunakan strategi belajar reciprocal teaching mempunyai nilai rata-rata sebesar 18,1 lebih baik dibanding dengan selisih hasil belajar post-test dengan pre-test yang menggunakan metode ceramah dengan nilai rata-rata 14,7. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menerapkan strategi belajar reciprocal teaching lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan selisih rata-rata nilai kemajuan belajar sebesar 3,4 dan aktivitas selama proses pembelajaran dengan strategi belajar reciprocal teaching selama 4 kali pertemuan dikategorikan dalam kategori aktif dengan presentase sebesar 86,7% dan kategori aktivitas baik sebesar 80%. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), Startegi Belajar, Strategi Reciprocal Teaching, Hasil belajar. Abstract This research was conducted to know the differences of students' achievement between in STAD learning technique with Reciprocal Teaching Strategy and Conventional Learning Strategy by using Lecture Method in Digital electronic Basic Training Lesson in SMK Sunan Drajat lamongan. The method that used was Quasi Experiment Design and The research planning was Non Equivalent Control Group Design. The population in this research was the students in grade X TEI in SMK Sunan Drajat lamongan time table 2013/2014. Whereas, the experiment class was class X TEI 1 and the control class was class X TEI 2. Moreover, to find out the difference of students' acievement, the researcher used Data Analysis-t Technique. The deviation result between post-test and pre-test was analyzed by using normality test and homogeneity. The analyze result in t-technique was deviation result between post test and ore test by using Reciprocal Teaching Strategy had average 18,1 better than Lecture Method. It had average 14,7. It can be concluded that by applying Reciprocal Teaching can increase more students's achievement than applying Lecture Method. Because it had average values of advances 3,4 and for four times teaching and learning activities can be categorized as an active active activities with percentage 86,7 % and percentage of a good activities in the amount of 80 %. Key Word : Cooperative Learning, Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions (STAD), Learning Strategy, Reciprocal Teaching Strategy, Students' Achievement.