PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDART KOMPETENSI MENAFSIRKAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK SMKN 2 PAMEKASAN
Main Authors: | RAHMAN ZAIN, ABDUR Rahman; Jurusan Teknik Elektro FT UNESA, ., Joko .; Jurusan Teknik Elektro FT UNESA |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Unesa
, 2012
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/458 |
Daftar Isi:
- Abstrak Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar dapat dicapai secara optimal. Namun dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, sering kali terjadi permasalahan yang muncul, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran kurang tepat. Pada penelitian ini diterapkan dua model pembelajaran untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan sosial yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) dan model pembelajaran kooperatif. Metode penelitian Quasi Experimental dengan rancangan penelitian “Non-equivalen Control Group Pre-test-Post-test”. Subjek penelitian kelas XL-1 dan XL-2 SMKN 2 Pamekasan. Teknik analisis data untuk mengetahui perbedaan hasil belajar digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar siswa yang dikenakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE lebih tinggi secara signifikan dengan rata-rata 79,35 dibandingkan dengan yang dikenakan model pembelajaran kooperatif dengan rata-rata 75,74. Hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel, yaitu nilai thitung 1,816 dan ttabel 1,67 pada taraf signifikansinya 5% (0,05); dan (2) keterampilan sosial siswa yang dikenakan model pembelajaran kooperatif SFAE lebih tinggi dengan rata-rata 76 dibandingkan dengan siswa yang dikenakan model pembelajaran kooperatif dengan rata-rata 73. Model pembelajaran kooperatif tipe SFAE disarankan digunakan sebagai inovasi model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa. Kata kunci: model pembelajaran koperatif tipe SFAE, peningkatan hasil belajar, dan keterampilan sosial siswa. Abstact Education aims to develop potential learners to be attainable optimally. But in execution activities, learning often occurs problems emerge. One is kind of classroom by applying proper. In this research is applied two models of learning to know the difference of study result and social skills of students who obtains cooperative learning of Student Facilitator And Explaining (SFAE) type and cooperative learning. The research method is a kind of Quasi Experimental research designs are used “Non-equivalen Control Group Pre test-Post test”. The sample in this research is class of XL-1 and XL-2 SMKN 2 Pamekasan. Techniques of data analysis to know the difference of their study result is used data analysis t-test techniques. The results of research show: (1) The results of student learning uses cooperative learning of SFAE type is higher with average of 79.35 than using cooperative learning with average of 75,74. The results of t-test show tcount > TTable, the tcount value 1.816 and TTable on the significance level of 5% (0.05) is 1.67, and (2) social skills of students which use cooperative learning SFAE type higher with average of 76 than using cooperative learning with average 73. Cooperative learning of SFAE type suggested able to be made as innovation for learning in order to develop study result of students and students’s social skills. Keywords : Cooperative learning of SFAE type, study result of students, students’s social skills.