PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI MODEL ATOM BAHAN SEMIKONDUKTOR DI SMKN NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO
Main Authors: | ., Benny Widiantoro; Jurusan Teknik Elektro FT UNESA, ., Lusia Rakhmawati; Jurusan Teknik Elektro FT UNESA |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Unesa
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/11593 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis schoology ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis schoology yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran memahami model atom bahan semikonduktor, dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran memahami model atom bahan semikonduktor. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan metode model Research & Development (R&D) dalam bidang pendidikan. Pengembangan media ini ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran yang bermanfaat untuk proses belajar mengajar. Pengembangan akan difokuskan pada media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto dinyatakan sangat baik, dengan hasil rating 82,26%. Dengan rata-rata hasil rating penilaian validasi terhadap media pembelajaran e-learning berbasis schoology sebesar 82,26% dinyatakan sangat baik. Berdasarkan penelitian respon siswa terhadap media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor mendapat respon positif dari siswa. Dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 83.30% yang dikategorikan sangat baik. Kata Kunci: Media e-learning, Schoology, Research and Development (R&D), Respon siswa. Abstract Media development research-based e-learning Schoology aims to (1) generate media e-learning-based Schoology is used as a medium of learning to understand the lesson of atomic models of semiconductor material, and (2) determine students' response to media e-learning Schoology-based lessons to understand the atomic model of semiconductor material. This type of research is to use the method of research and development (Research & Development) in the field of education. Media development is aimed at developing a learning media is beneficial for the learning process. Development will be focused on e-learning media Schoology based on basic competence to understand the atomic model of semiconductor materials. The results showed that (1) Media-based e-learning Schoology the basic competence to understand the atomic model of semiconductor material at SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto otherwise excellent, with the result of 82.26% rating. With an average rating assessment results of the validation of media-based e-learning amounted to 82.26% Schoology otherwise excellent. (2) Based on the research students' response to media e-learning-based Schoology the basic competence to understand the atomic model of semiconductor materials get a positive response from students. With an average rating result amounted to 83.30% student responses were categorized as very good. Keywords: E-learning Media, Schoology, Research and Development (R & D), Student’s response.