PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP LOYALITAS KERJA GURU DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIASI DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN CIBARUSAH KABUPATEN BEKASI
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi mengenai rendahnya loyalitas guru di Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi. Pada penelitian awal yang dilakukan pada guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cibarusah Kabuapaten Bekasi terdapat hasil prosentase 70% kurangnya loyalitas guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan melayani dan kemampuan komunikasi kepala sekolah terhadap loyalitas kerja guru dengan kepuasan kerja sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif secara deskriptif dengan menggunakan kuesioner terhadap 183 guru sebagai sampel penelitian dari total populasi 336 guru, jumlah sampel ini didapat menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS Hasil analisis data menyimpulkan: 1) Gaya kepemimpinan melayani tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas kerja; 2) Kemampuan komunikasi kepala sekolah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas kerja; 3) Kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas kerja; 4) Gaya kepemimpinan melayani tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja; 5) Kemampuan komunikasi kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja; 6) Gaya kepemimpinan melayani tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas kerja melalui kepuasan kerja; 7) Kemampuan komunikasi kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas kerja melalui kepuasan kerja. Secara langsung dan tidak langsung gaya kepemimpinan melayani tidak berpengaruh terhadap loyalitas kerja, meskipun sudah dimediasi dengan kepuasan kerja. Kemampuan komunikasi kepala sekolah berpengaruh terhadap loyalitas kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kata Kunci: gaya kepemimpinan melayani, kemampuan komunikasi kepala sekolah, kepuasan kerja, loyalitas kerja.