PENERAPAN ALGORITMA MACHINE LEARNING K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN PRODUK TERLARIS PT LG INNOTEK INDONESIA
Daftar Isi:
- Perkembangan persaingan yang semakin intens di dunia bisnis yang disertai dengan kemajuan teknologi informasi, termasuk di Indonesia, telah membawa perusahaan-perusahaan ritel ke dalam situasi persaingan yang ketat dan lebih terbuka. PT LG Innotek Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan yang memproduksi tuner di Indonesia. Melihat dari permintaan konsumen, PT LG Innotek harus meningkatkan kualitas produk, dan penambahan produk yang disukai serta pembelian yang sering dilakukan konsumen Untuk itu PT LG Innotek Indonesia membutuhkan sebuah analisis yang dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi produk yang cenderung laris. Analisis tersebut dapat dilakukan melalui penerapan algoritma machine learning khususnya pada metode K-Nearest Neighbor. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana kinerja algoritma KNN dalam memprediksi produk yang terjual laris dan tidak laris pada PT LG Innotek Indonesia. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil prediksi dengan tingkat akurasi sebesar 94,74% dan tingkat error sebesar 5,26%. Dengan tingkat akurasi yang tinggi dan tingkat error yang rendah ini, dapat disimpulkan bahwa metode K-Nearest Neighbor efektif digunakan memprediksi penjualan produk terlaris PT LG Innotek Indonesia