ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN (Studi Pada Konsumen Gojek di Tasikmalaya)
Main Authors: | Gika, Eline Nuha Nurrohmah, Hani, Rani Dhever, Az Zahra, Daffina Amalia, Kholishah, Auliya Nur, Maesaroh, Syti Sarah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya
, 2023
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/51995 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/51995/42355 |
Daftar Isi:
- AbstractIn the development of an increasingly dynamic era, so many innovations, tools, and facilities can be used bycompanies in marketing or attracting consumer interest. In this case, encouraging people to always adapt to existingchanges to change consumer behavior to become completely digital, one of which is using online transportation andfood delivery services that can be ordered only using applications, such as the Gojek application. Service qualityand price are two things that greatly affect customer satisfaction, so this is an important concern for the company inorder to attract customers to use the services that have been provided. The aim of the study was to identify the effectof service quality and price on customer satisfaction with GOJEK online motorcycle taxi transportation services.This research method uses a quantitative approach with descriptive analysis. The sampling technique used anonprobability sampling technique with an accidental sampling approach with a total of 34 respondents using aLikert scale. Research respondents are Gojek application users who live in Tasikmalaya. The research instrumenthas met the criteria of validity and reliability. Data processing using SPSS software version 26 and using multiplelinear regression for data analysis. This study uses the Multiple Linear Regression Analysis method. Based on theresults of the study, it was found that the service quality variable (X1) had a partially significant effect on thedependent variable, namely customer satisfaction (Y). The price variable (X2) has a partially significant effect onthe dependent variable, namely customer satisfaction (Y), and the price variable (X2) has a more dominant influence.Keywords: price; service quality; customer satisfaction.
- AbstrakPerkembangan zaman yang semakin dinamis, begitu banyak inovasi, sarana dan fasilitas yang dapat digunakan olehperusahaan dalam memasarkan atau menarik minat konsumen. Dalam hal ini, mendorong manusia untuk selaluberadaptasi dengan perubahan yang ada sehingga dapat mengubah perilaku konsumen menjadi serba digital, salahsatunya yaitu menggunakan layanan transportasi dan antar makanan online yang dapat dipesan hanya menggunakanaplikasi, seperti aplikasi Gojek. Kualitas layanan dan harga merupakan dua hal yang sangat mempengaruhi kepuasanpelanggan, sehingga hal ini menjadi perhatian penting bagi pihak perusahaan supaya bisa menarik pelanggan untukmemakai jasa yang telah disediakan. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas layanan danharga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online Gojek. Metode penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobabilitysampling dengan pendekatan accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 34 orang denganmenggunakan skala likert. Responden penelitian adalah pengguna aplikasi Gojek yang berdomisili di Tasikmalaya.Instrumen penelitian sudah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Pengolahan data menggunakan softwareSPSS versi 26 serta menggunakan regresi linear berganda untuk analisis data. Penelitian ini menggunakan metodeAnalisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel kualitas layanan (X1)mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y). Variabelharga (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan(Y) dan variabel harga (X2) memiliki pengaruh yang lebih dominan.Kata kunci: harga; kualitas layanan; kepuasan pelanggan.