PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TEHNIK PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-BDP1 SMK NEGERI 1 JOMBANG

Main Author: Naiyiroh, Fatihatin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/51554
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/51554/42081
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Project Based learning sebagai usaha untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X-BDP 1 Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Jombang pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data yang didapat adalah data dari hasil observasi pelaksanaan kegiatan oleh guru dan siswa, observasi keaktifan dan soal tes akhir siklus. Ada 2 Siklus dalam penelitian ini, Siklus pertama dengan  model ceramah materi teknik promosi periklanan dan tehnik promosi penjualan kemudian diberikan  test untuk  mengetahui hasilnya.  Siklus dua dengan  model PBL di mana siswa harus menghasilkan suatu  project  dalam  proses  pembelajaran, siswa secata individu untuk membuat desain teknik promosi point of purchase. Kemudian dilakukan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Dalam siklus II disamping ada hasil kognitif juga ada hasil psikomotorik  (gambar tehnik promosi Point of Purchase). Penelitian ini dilakukan  di kelas X-BDP 1 tahun ajaran 2021/2022  SMKN 1 Jombang dengan jumlah  34 siswa. Hasil penelitian menggambarkan setelah diterapkan  model PBL  didalam siklus I hasil belajar siswa yang dibawah KKM ada 13 siswa, pada siklus II turun menjadi 6 siswa yang dibawah KKM. Rata-rata nilai pada siklus I 72,5 rata-rata pada siklus II meningkat menjadi  81,4.  Disimpulkan bahwa dengan sedikit upaya KBM akan menjadi menyenangkan dan hasil belajar siswa semakin meningkat