PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL SHOPEEPAY PADA APLIKASI SHOPEE
Main Authors: | Mawardani, Fitri, Dwijayanti, Renny |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
, 2021
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41808 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41808/36140 |
Daftar Isi:
- The number of Financial Technology (fintech) users has been increasing every year in Indonesia. For the past years, the most used Financial technology (fintech) is ShopeePay digital wallet. Convenience and promotion are the consumer attractions that influence their interest in using a system. A system’s convenience is based on trust. The purpose of this study was to determine the effect of convenience and cashback promotion perceptions on students’ interest in using the ShoopePay digital wallet. This type of research uses descriptive quantitative with a population of 1082 students in the Department of Economics Education class 2017-2020. Sampling using purposive sampling technique. The number of samples used 92 respondents by distributing online questionnaires in the form of google forms. Data processing using multiple linear regression with SPSS 22 apllication. The results of this study indicate that perceived ease of use and cashback promotion have a simultaneous effect on students’ interest in using the ShoopePay. Hopefully, this research becomes a reference for future researchers and digital economics entrepreneurs in the marketing field. Keywords : Perceived ease of use;Cashback Promotion; Interest in Use.
- Peningkatan pengguna Financial technology (fintech) semakin meningkat tiap tahun di Indonesia. Beberapa tahun ini Financial technology (fintech) yang paling banyak digunakan yaitu dompet digital ShopeePay. Kemudahan dan juga promosi menjadi salah satu daya tarik konsumen yang dapat mempengaruhi minat menggunakan suatu sistem. Kemudahan penggunaan suatu sistem didasari oleh rasa percaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan promosi cashback terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan dompet digital ShopeePay. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi yakni 1082 mahasiswa di jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2017-2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel menggunakan 92 orang responden dengan menyebar kuesioner secara online yang berupa google formulir. Pengolahan data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian tersebut diketahui persepsi kemudahan penggunaan dan promosi cashback berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan. Adanya penelitian ini diharap akan memberikan suatu referensi bagi peneliti selanjutnya dan para penggiat usaha dalam ekonomi digital di bidang pemasaran. Kata Kunci : Persepsi Kemudahan Penggunaan;Promosi Cashback; Minat Menggunakan.