PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X BDP SMK NEGERI 1 BANGKALAN
Main Authors: | Imamah, Fitria Nur, Saino, Saino |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
, 2021
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40994 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40994/35386 |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan berikut mempunyai tujuan guna mengetahui proses pengembangan, kelayakan, serta respon peserta didik terhadap modul berbasis scientific approach. Penelitian berikut tergolong pada penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang memakai model 4D (Define, Design, Development dan Disseminate) oleh Thiagarajan 1974. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tebuka yakni memberikan hasil data kualitatif berwujud telaah ahli materi, ahli bahasa, serta ahli grafis. Sementara itu, angket tertutup memberikan hasil data kuantitatif berwujud validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli grafis, serta uji coba terbatas serta uji coba lapangan. Hasil penelitian membuktikan 86% penilaian ahli materi, 87% penilaian ahli bahasa, 83% penilaian ahli grafis. Hasil persentase dari respon siswa terhadap uji coba terbatas dengan kisaran 92,6%, serta uji coba lapangan pada kisaran 95,5%. dan bisa dibuat kesimpulan bahwasanya modul berbasis scientific approach pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X BDP SMK Negeri 1 Bangkalan mendapatkan kategori “sangat layak” dipakai selaku bahan ajar.Kata Kunci: Modul, Scientific Approach, Komunikasi Bisnis.