PENGARUH FENOMENA HARBOLNAS (HARI BELANJA ONLINE NASIONAL) PADA E-COMMERCE SHOPEE MELALUI DISKON DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Main Authors: Lestari, Lina Dwi, Dwijayanti, Renny
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40989
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40989/36459
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh diskon dan kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian di e-commerce shopee terkhusus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi e-commerce shopee. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 2.950 mahasiswa dengan sampel berdasarkan rumus Slovin berjumlah sebanyak 97 mahasiswa pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sampel sebanyak 97 mahasiswa digunakan untuk pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regeresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikasi hasil dari analisis variabel diskon (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce shopee bepengaruh positif, dan nilai signifikasi hasil dari variabel kemudahan bertransaksi (X2) juga memberikan pengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce shopee. Hasil penelitian menunjukan bahwa diskon dan kemudahan bertransaksi berpengaruh secara simultan terhadap kepuusan pembelian sebesar 53,7% dan 46,3% dipengaruhi oleh variabel independen lainnya. Kata Kunci: kemudahan bertransaksi; e-commerce; keputusan pembelian