PENGARUH MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE, PENGGUNAAN SMARTPHONE, DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

Main Authors: Chabib, Moch Happy Shahrul, Sulistyowati, Raya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya , 2021
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40548
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40548/35132
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh mata pelajaran bisnis online, penggunaan smartphone, dan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII BDP di SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian meggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, dimana sampel dalam penelitian sebanyak 69 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yaitu kuesioner online menggunakan googleform yang disebarkan kepada murid kelas XII BDP SMK Negeri 1 Surabaya. Variabel mata pelajaran bisnis online (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y). Variabel penggunaan smartphone (X2) berpengaruh negatif terhadap minat siswa (Y) dan pemanfaatan media sosial (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y). Secara simultan, mata pelajaran bisnis online (X1), pemanfaatan media sosial (X3), berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y) sedangkan penggunaan smartphone (X2) berpengaruh negatif.Kata kunci: pembelajaran bisnis online, penggunaan smartphone, media sosial, minat siswa