ANALISIS USAHA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA KAIN BATIK LAMONGAN (Studi Pada UKM Batik UD. Cahaya Utama Desa Sendangagung, Kec. Paciran, Kab. Lamongan)
Main Authors: | Kusuma, Afrian Nanda, Patrikha, Finisica Dwijayati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
, 2021
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40506 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40506/35105 |
Daftar Isi:
- UKM Batik UD. Cahaya Utama Lamongan menghasilkan produk yang memiliki nilai seni tinggi karena masih menjaga keaslian ciri khas motif dan teknik membatik tulis terus mengikuti kemajuan perkembangan trand. Dengan menggunakan analisis SWOT dan bauran pemasaran penelitian ini bertujuan merekomendasikan strategi pemasaran pada UKM Batik UD. Cahaya Utama dalam meningkatkan volume penjualan agar memiliki daya saing kuat. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis SWOT yaitu faktor internal dan eksternal memperoleh total skor kekuatan (1,25), kelemahan (1,05), Peluang (1,35), dan Ancaman (0,95). Dari analisis SWOT tersebut kemudian digambarkan dalam diagram Cartesius titik koordinat berada pada strategi SO yaitu strategi (Growth) pengembangan, didukung strategi pemasaran 4P yaitu tempat, produk, harga, dan promosi untuk meningkatkan volume penjualan.Kata Kunci: Analisis SWOT, bauran pemasaran, UKM batik UD. cahaya utama lamongan