PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SCRIBE PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS DENGAN MATERI POKOK ANALISIS PRODUK DAN LAYANAN KELAS X SMK NEGERI 4 SURABAYA

Main Authors: Suherman, Achmad, Sudarwanto, Tri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya , 2021
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40503
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40503/35102
Daftar Isi:
  • Observasi ini memiliki tujuan memahami kepantasan sarana edukasi Video Scribe dalam materi utama analisis produk dan layanan. Pengembangan Media pembelajaran Video Scribe memakai acuan pengembangan 4D, yang mencangkup dari Define, Design, Development, dan Dessiminate, namun untuk penelitian pengembangan media pembelajaran Video Scribe ini, tahap dessiminate tidak digunakan. Populasi sekaligus representatif pada penelitian sebanyak 35 responsden. Pelaksanaan penelitian menggunakan soal berbentuk pre-test serta post-test dan bertujuan untuk memahami pemahaman siswa tentang pelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media pengkajian Video Scribe. Instrumen pembelajaran Video Scribe memperoleh persentase hasil kelayakan media sebesar 82% dikategorikan sangat Layak, Hasil kelayakan materi diperoleh persentase sebesar 84,6% dan mendapat golongan sangat layak. Sedangkan hasil respons siswa menunjukkan persentase sebesar 79,58% mendapat kategori sangat layak. Instrumen pembelajaran Video Scribe layak digunakan menjadi instrumen untuk proses belajar mengajar didalam ruang pembelajaran.Kata Kunci : Media pembelajaran, video scribe, kelayakan
  • AbstrakObservasi ini memiliki tujuan memahami kepantasan sarana edukasi Video Scribe dalam materi utama analisis produk dan layanan. Pengembangan Media pembelajaran Video Scribe memakai acuan pengembangan 4D, yang mencangkup dari Define, Design, Development, dan Dessiminate, namun untuk penelitian pengembangan media pembelajaran Video Scribe ini, tahap dessiminate tidak digunakan. Populasi sekaligus representatif pada penelitian sebanyak 35 responsden. Pelaksanaan penelitian menggunakan soal berbentuk pre-test serta post-test dan bertujuan untuk memahami pemahaman siswa tentang pelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media pengkajian Video Scribe. Instrumen pembelajaran Video Scribe memperoleh persentase hasil kelayakan media sebesar 82% dikategorikan sangat Layak, Hasil kelayakan materi diperoleh persentase sebesar 84,6% dan mendapat golongan sangat layak. Sedangkan hasil respons siswa menunjukkan persentase sebesar 79,58% mendapat kategori sangat layak. Instrumen pembelajaran Video Scribe layak digunakan menjadi instrumen untuk proses belajar mengajar didalam ruang pembelajaran.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Scribe, Kelayakan