PENGARUH MARKETING MIX DAN FAKTOR SITUASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURABAYA

Main Authors: Ebang, Flavia Rosemery Stelanys Oba, Sulistyowati, Raya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya , 2021
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40192
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40192/34900
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan faktor situasional terhadap keputusan pembelian masker pada masa pandemi Covid-19 di Surabaya. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner online diberikan kepada responden yang telah di tentukan oleh peneliti dengan menggunakan skala Likert yaitu 1-5, yang disebarkan pada 120 responden. Teknik analisis data diolah menggunakan SPSS versi 25.0 for windows yang terdiri atas uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Diperoleh hasil Variabel marketing mix (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel faktor situasional (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Marketing mix (X1) dan faktor situasional (X2) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian masker pada masa pandemi Covid-19 di Surabaya.Kata kunci: Marketing mix, Faktor situasional dan Keputusan pembelian.